WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-
Simeulue Aceh. DACIL(daerah terpencil)Ate Fulawan.
Semangat Panitia bersama warga Dusun Damai Makmur dan dusun Suka Makmur Desa Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue Aceh antusias ikut berkurban tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penyembelihan hewan kurban yang terus dilakukan Setiap tahun Ketahun. Sabtu(01/8/2020).

Salah satu Panitia Qurban, SDR, Agam Becu, yang akrab dipanggil Bang Abec pada saat di Wawancara dilokasi

Salah satu Panitia Kurban, SDR, Agam Becu, yang akrab dipanggil Bang Abec mengatakan,” Alhamdulillah jumlah Qurban sebanyak 12 ekor Kerbau dan 1 ekor Kambing. Sebagian Qurban ini berasal dari sumbangan para Janda-janda yang ada di dua Dusun tersebut, dan sebagiannya lagi berasal dari Masyarakat juga, dan akan dibagikan kepada masyarakat yang ber Qurban dan Fakir Miskin beserta Masyarakat di 2(dua) Dusun tersebut,” Jelas bang Abec kepada Awak Media bersama Paur Humas.Bang Abec juga mengatakan,” UROE (hari) Meugang atau Makmeugang adalah satu tradisi yang diwariskan secara turun-temurun di Aceh. Tradisi ini berlangsung tiga kali dalam setahun, yaitu Meugang Puasa, Meugang Uroe Raya Puasa (menjelang hari raya Idul Fitri), dan Meugang Uroe Raya Haji (menjelang hari raya Idul Adha).Tradisi Meugang tersebut yaitu tradisi dengan memakan daging sapi atau kerbau. Bagi masyarakat Aceh Kab.Simeulue, menyambut Ramadhan atau lebaran tanpa Meugang akan terasa hambar. Walaupun bukan sebuah kewajiban, namun sudah menjadi keharusan, sehingga jarang dijumpai pada masyarakat Aceh yang tidak makan daging sapi atau kerbau menjelang Ramadhan Lebaran tiba,” ungkap bang Abec.

Kali ini proses penyembelihan, pembersihan, dan pembagian hewan serta daging Qurban melalui panitia Qurban. masyarakat mengambil daging dengan memberikan kupon ke panitia. Sebelumnya Panitia Qurban sudah membagikan Kupon terlebih dahulu lepada warga sebelum Penyembelihan Qurban dilaksanakan.

Pantauan Paur Humas Polres Sumeulue bersama Sahabat Media, di lokasi penyembelihan hewan kurban yang dipusatkan di mesjid Al Falaq Desa Sinabang Kec. Simeuelue Timur, warga secara bersama-sama menyiapkan daging kurban untuk dibagikan kepada warga yang berhak menerimannya.Dalam pembagian daging Qurban tersebut beberapa Personil Polsek Simeulue Timur Polres Simeulu juga melakukan Pengamanan, agar dalam pembagian aman tertip dan teratur.

Personil Polsek juga menghimbau kepada masyarakat dalam pengambilan daging diharapkan untuk tetap memakai masker jaga jarak ,agar terhindar dari virus Corona, di era tatanan adaptasi kebiasaan baru ini.

(HUMAS POLRES SIMEULUE)