WWWTRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-Dalam rangka menyambut hari lahirnya Pancasila Pada hari sabtu tanggal 01 Juni 2019, Kapolres Simeulue Bersama Forkopimda Sekabupaten Simeulue Menghadiri Acara Pelaksanaan upacara peringati hari lahirnya Pancasila di lapangan Pendopo Kabupaten Simeulue dengan diikuti oleh Kapolres Simeulue AKBP Ardanto Nigroho, S.I.K.,SH.,MH dan Personil beserta unsur Forkopimda Kabupaten Simeulue, Bupati Simeulue (H.Erlin Hasim, SH, S.Ag, M.I.Kom), Dandim 0115 Simeulue ( LETKOL Inf Awang Danuarto, S.Sos.,), Danlanal Simeulue ( Letkol Marinir Wempi, M.Tr.Hanla, M.M.) , Para Kepada Dinas dan Instansi terkait.
Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara, Bupati Simeulue H. Erlin Hasim SH, S.Ag, M.I.Kom sebagai Inspektur upacara membacakan teks pancasila dan pembacaan undang-undang 1945 dan Sambutan Kepala BPIP tentang hari lahir pancasila.

Dalam upacara, Bupati Simeulue H. Erlin Hasim SH, S.Ag, M.I.Kom membacakan sambutan Kepala BPIP terkait hari lahir Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Oleh karena itu peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.

Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan Bangsa demi kemajuan Indonesia”. Imbuh H.Erlin Hasim

(Humas polres Simeulue).