Pembagian daging Meugang di Polres Simeulue.
WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM – Polres Simeulue menyembelih 4 ekor Kerbau dan membagikan dagingnya kepada Personel dan juga Masyarakat yang ada disekitar Mapolres. Sabtu (4/5/2019).
Kapolres Simeulue AKBP Ardanto Nugroho S.I.K.,SH.,MH melalui Kabag Sumda AKP Deni Iskandar, S.E. mengatakan penyembelihan Kerbau itu dilakukan dalam rangka hari ‘Meugang’ menyambut bulan suci Ramadan.

“Penyembelihan sudah mulai kita lakukan sejak dini hari tadi, daging yang diperoleh dibagi rata pada pagi harinya kepada ratusan personel Polres dan Polsek jajaran, PHL, sejumlah purnawirawan, dan warakawuri ” ungkap AKP Ardanto Nugroho S.I.K.,SH.,MH.

Data yang dihimpun tribratanewssimeulue, UROE (hari) Meugang atau Makmeugang adalah satu tradisi yang diwariskan secara turun-temurun di Aceh. Tradisi ini berlangsung tiga kali dalam setahun, yaitu Meugang Puasa, Meugang Uroe Raya Puasa (menjelang hari raya Idul Fitri), dan Meugang Uroe Raya Haji (menjelang hari raya Idul Adha).

Tradisi Meugang tersebut yaitu tradisi dengan memakan daging sapi atau kerbau. Bagi masyarakat Aceh Kab.Simeulue, menyambut Ramadhan atau lebaran tanpa Meugang akan terasa hambar. Walaupun bukan sebuah kewajiban, namun sudah menjadi keharusan, sehingga jarang dijumpai pada masyarakat Aceh yang tidak makan daging sapi atau kerbau menjelang Ramadhan tiba.

(Humaspolressimeulue)

Comments