Waka Polres Simeulue yang memimpin Apel gabungan pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020

WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-
POLRES SIMEULUE-POLDA ACEH. Dacil(daerah terpencil)Ate Fulawan.
Hari ini Kamis, tanggal 23/7/2020/, Personil Polres Simeulue Aceh mengikuti Apel gabungan pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020 di halaman Apel Polres Simeulue. Apel dipimpin Oleh Kapolres Simeulue AKBP Agung Surya Prabowo, S.I.K, yang diwakili oleh Wakapolres Simeulue Kompol Raja Gunawan, S.H., M.M.Ratusan Personil gabungan dari TNI/Polri, Dishub dan Dinas Kesehatan, Satpol PP mengikuti Apel Gabungan Operasi Patuh Seulawah di halaman Kepolisian Resort Sumeue Kamis Pagi.Dan diikuti diantaranya, 1 pleton dari kodim 0115 simeulue , 1 pleton dari Lanal Simeulue dan 1 pleton dari dishub dan satpol PP simeulue, dan sejumlah instansi terkait lainnya.“Gelar ops ini digelar Polres simeulue bersama sejumlah stakeholder dalam rangka OPS patuh seulawah 2020”

Gelar ops tersebut membahas berbagai persiapan dalam memelihara keamanan lalu lintas dgn mengedepankan kegiatan preemtif dn preventif guna meningkatkan simpati masyarakat thdap polantas dalam rangka pencegahan/ penularan covid-19 di jalan.

“Sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman serta situasi Kamtibmas khususnya di Polres Simeulue dapat terkendali dan kondusif,” jelas Pak Raja Gunawan

Waka Polres Simeulue KOMPOL Raja Gunawan, S.H., M.M., yang memimpin Apel gabungan pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020 Sedang bacakan Amanat Kapolda Aceh

Dalam amanatnya Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada M. Phill yang dibacakan Wakapolres Simeulue Kompol Raja Gunawan, S.H., M.M., menyebutkan gelar operasi seperti ini dilaksanakan setiap tahun.

“Dari data Kepolisian di wilayah hukum Polda Aceh ada 46 kejadian pada tahun 2018, Sementara di tahun 2019 meningkat menjadi 72 kejadian. 57 persen korban meninggal dunia pada tahun 2018. Angka ini menurun pada 2019 sebesar 39 persen dari 18 orang menjadi 11 orang.

“Kepolisian Aceh juga mencatat di 2018, 9571 kasus pelanggaran, Diselesaikan dengan tilang 7947 kasus dan 1624 teguran. Angka ini meningkat 37 persen di tahun 2019, Yakni 13.153 pelanggaran, Diselesaikan dengan tilang 10.869 kasus dan 2284 teguran.

“Peningkatan ini sebut Kapolda sangat berkorelasi dengan jatuhnya korban. Untuk itu perlu upaya mewujudkan situasi Kamtibsanlantas. Operasi dengan Sandi Seulawah 2020 juga melibatkan berbagai Instansi terkait, dalam pelaksanaanya.

“angka ini sangat berkolerasi dengan jatuhnya korban, untuk itu kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan situasi yang lebih kondusif, maka upaya ini kita laksanakan. Penekanan operasi adalah Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, Pengemudi kendaraan yang tidak menggunakan safetybelt, Pengemudi melebihi batas kecepatan dan dalam pengaruh alkohol, pengendara dibawah umur, penggunaan Hp, dan melawan arus” sebut Kapolda Aceh melalui Wakapolres Simeulue KOMPOL Raja Gunawan, S.H., M.M., dalam Apel gabungan Operasi Patuh Seulawah hari ini, Kamis (23/7/2020).

Usai kegiatan tersebut, Waka Polres Simeulue pada saat ditanyai Paur Humas bersama Sejumlah Awak Media Mengatakan,” Operasi ini akan dilaksanakan pada 23 Juli hingga 4 Agustus 2020, Dengan mengambil lokasi sejumlah titik di Seputaran Kota Sinabang.

Dalam Operasi gabungan ini juga akan dikaitkan dengan menjaga kelancaran berlalulintas dan ketertiban, jelang masuknya Lebaran idul Adha 1441 H. Ia meminta masyarakat agar senantiasa mematuhi dan melengkapi surat kendaraan saat berkendara.

“Operasi Patuh Rencong sekarang menjadi operasi Patuh Seulawah, dengan tujuan meningkatkan kesadaran berlalulintas di Sabang, Kegiatan ini akan menerjunkan tim Gabungan dari TNI/Polri, Dishub dan dari Dinas kesehatan,Satpol PP di beberapa titik loaksi, masyarakat kami himbau agar melengkapi surat-surat kendaraan dan perlengkapan kendaraan bermotor” ujarnya.

Disamping itu ungkapnya kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, Sekaligus menekan angka kecelakan dan pelanggaran di Simeulue.

Waka polres juga menghimbau kepada Lapisan Masyarakat agar Mematuhi Aturan berkendaraan, seperti Melengkapi surat, menggunakan helem untuk keselamatan, dan tetap ikuti Protokol Kesehatan.

(HUMAS POLRES SIMEULUE).