WWWTRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-Kapolres Simeulue melaksanaka edukasi dan pengecekan penyu langka jenis belimbing (Dermochelys coriaceae) yang sedang bertelur di Pantai Desa Along Kec. Salang Kab. Simeulue, Minggu (22/1/2023).Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko, S.H ,.M.H mengatakan seluruh jenis penyu yang ada di perairan Indonesia adalah jenis satwa yang dilindungi. Namun, dari sejumlah jenis tersebut, penyu belimbing adalah merupakan jenis penyu yang paling langka.

Mengetahui informasi keberadaan penyu tersebut, Kapolres pun mendatangi dan mengecek penyu belimbing yang sedang bertelur, kita akan menjaga penyu tersebut sampai ditetaskan hingga menjadi anak penyu lalu dilepasliarkan lagi ke habitatnya,” ucap Kapolres.Manfaat keberdaan penyu bagi rantai makanan di laut amat sangat berperan sekali, berpengaruh tentang banyak sedikitnya perkembangbiakan ikan dilaut. Adapun rantai makanan sebagai berikut plangton ikan kecil/ telur ikan dimakan ubur ubur, lalu ubur ubur dimakan penyu,maka akan muncul hukum alam bahwa apabila penyu musnah maka perkembangbiakan ubur ubur akan meningkat tajam dan ikan kecil Telur ikan akan habis dimakan ubur ubur berdampak hilangnya ikan di perairan laut sehingga nelayan dalam.menangkap ikan kesusahan mencari ikan.maka ekeonomi masyarakat nelayan menjadi berkurang

Yang kedua penyu memakan trumbu karang yang tua dan sudah mati sehingga muncul trumbu karang barunyang berguna untuk dijadikan rumah ikan, dan ketiga penyu memakan lamon / tumbuhan laut, apabila tumbuhan laut tidak ada maka habitat ikan akan mudah berkembang biak.
Sangat berperan besat sekali keberadaan penyu dalam rantai makanan biota laut

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat Desa Salang yang mana hewan tersebut sudah termasuk dalam hewan yang dilindungi dan masyarakat harus terus menjaga kelestariannya, tidak boleh untuk memperjual belikan telur penyu tersebut.kegiatan pengecekan penyu tersebut berakhir sekira pukul 02.30 wib situasi dalam keadaan aman dan baik.

(Humas polres Simeulue)