Upacara Hari kesadaran nasional berupa upacara bendera yang kita laksanakan tanggal 17 setiap bulan, mempunyai makna yang sangat penting bagi kita semua, karena disamping untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kita kepada negara dan bangsa, juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan kepada kita selaku insan Bhayangkara.

Dengan wawasan nasional ini kita selaku anggota polri yang mengemban tugas yang sagat berat kedepan nya degan melakukan pengamanan disaat berlangsung nya Pesta Demokrasi yaitu pemilu Tahun 2019 polri harus netral disaat tahapan dan pemilu yang akan datang dan polri menjadi agen perubahan sosial,mampu memberi contoh bagi masyarakat.

Demikian Amanat Kapolres Simeulue AKBP Ayi Satria S.I.K., M Si yang bertindak selaku Inspektur upacara kesadaran nasional ,Bertempat Di Halaman Mapolres Simeulue, ( 17 September 2018 ) sekira pukul 08.00 WIB. Bertindak perwira upacara Kasat Airud Polres Simeulue IPDA Basrizal dan selaku komandan upacara IPDA Devi Iswandi Saputra SH.