WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-Polres Simeulue menggelar pelatihan peningkatan kemampuan dalam pembuatan Konten media sosial dan komunikasi publik kepada personel Polres di Joglo Polres Simeulue, Jumat (11/11/2022).Bertempat di Joglo Polres Simeulue telah di laksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan anggota polri dalam pembuatan Konten media sosial dan komunikasi publik, kepada personel Polres Simeulue.

Turut hadir acara tersebut Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko, S.H., M.H., Kabag Sumda Polres Simeulue AKP D. Aritonang, Seluruh personel bhabinkamtibmas polsek Jajaran Polres Simeulue.

Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko S.H.,M.H menyampaikan kegiatan ini dilakukan agar anggota personel Polres Simeulue bijak dalam menggunakan media sosial, Hati – hati dalam nenggunakan media sosial karna kita sudah masuk kedalam era digitalisasi dan tekhnologi yang semakin canggih, kegiatan apa saja yang kita lakukan didalam aplikasi akan terekam jejak digitalnya.Kabag Sumda Polres Simeulue AKP D. Aritonang juga menyampaikan Kita sudah masuk Ke dalam era digital 4.0, maka dengan berkembangnya teknologi, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi supaya tidak ketinggalan.

Didalam kegiatan ini personel Bhabinkantibmas diajarkan Kunci untuk menulis caption adalah 5W+1H mengapa demikian karna 5W + 1H berisi Inti – Inti penyusunan berita atau cerita tersebut, Tata cara pengambilan foto supaya terlihat lebih natural adalah dengan cara melihat moment-moment supaya foto Itu menjadi tampak berharga dan memiliki daya tarik.

Hindari pengambilan foto pada saat sedang merokok, sedang makan, mulut terbuka, foto dari belakang, dan hal yang tidak etis lainnya untuk di Posting terutama pada Institusi.

Berikan edukasi kepada masyarakat agar mereka mengerti bagaimana pentingnya dokumentasi di era modern dan digitalisasi.

Jangan mengambil vidio/foto secara potrait (Hp dalam keadaan berdiri tegak), ambilah foto secara Landscape (Hp Dalam Keadaan Miring), Hindari mengambil foto dari bagian atas karna objek akan terlihat kecil atau cebol.

Hindari Berita Hoax dengan cara mengakses berita dari media terpercaya.Waktu yang tepat untuk memposting adalah pada saat jam orang menggunakan media sosial, untuk Simeulue waktu yang tepat adalah pagi Jam 07.00 Sampai 09.00 Wib, dan siang hari pada waktu Istirahat Jam kerja yaitu pada Jam 12.00 wib, sampai Jam 14.00 wib. Dan Pada sore hari pada saat setelah orang pulang kerja atau sudah kembali ke rumah dan Jangan pernah memposting di atas Jam 10.00 wib. malam sampai esok hari nya jam 07.00 wib. pada pagi harinya.

Bedakan cara pengambilan foto untuk Investigasi dengan foto untuk di posting, kalau foto Investigasi Biasanya fokus ke satu objek kalau foto untuk di posting harus tampak keseluruhan dari objek yang ingin di foto.

Kegiatan sosialisasi berakhir sekira pukul 11.10 wib, situasi dalam keadaan aman dan baik.

(HUMAS POLRES SIMEULUE)