Briptu Ryan Andrian Anggota Polres Simeulue saat memperlihatkan hasil panen cengkeh yang didapatnya.

Tradisi musim panen cengkeh sedang berlangsung di kabupaten simeulue.bukan hanya pada saat ini saja Pada awal 1980-an, pulau Simeulue sempat jaya dengan hasil alamnya yang bernilai jual tinggi itu. Bahkan, Simeulue ketika itu menjadi daerah tujuan pencari kerja untuk men­dulang rupiah. Saat itu, petani cengkeh tidak bisa dipandang sebelah mata ka­rena sukses mening­katkan taraf ekonomi dengan mempro­duksi komo­diti yang bernilai jual tinggi.

Kini, musim panen cengkeh kem­bali menghampiri kepulauan Simeu­lue. Antusiasme warga menyambut panen raya cengkeh ini meng­gan­tung­kan harapan bahwa ekonomi sedikit berdenyut di pulau ini.tak terkecuali dengan yang dirasakan oleh anggota polisi yang berdinas di kabupaten simeulue,adalah Briptu Ryan andrian yang sehari -hari berdinas di Sat Reskrim Polres Simeulue dan sudah beberapa tahun berada disimeulue ikut menyemarakkan dalam menyambut panen cengkeh yang sedang berlangsung sejak awal januari.

meskipun tidak memiliki kebun cengkeh seperti masyarakat asli simeulue namun karena keingintahuan dan juga rasa penasaran bagaimana cara memanen cengkeh, anggota polres simeulue tersebut pun ikut dengan warga masyarakat di salah satu kebun di desa di Pulau bengkalak dan ikut serta memanen seperti masyarat lainnya.

” saya ikut dengan masyarakat untuk panen cengkeh pada saat hari sabtu dan minggu sehingga tidak mengganggu kegiatan dinas saya selaku anggota polisi” tutur Briptu Ryan.

ditanya tentang bagaimana rasanya setelah ikut serta masyarakat yang panen cengkeh,Briptu Ryan andrian mengatakan bahwa ternyata sulit untuk memetik cengkeh tersebut dan sepertinya harus sering-sering ikut agar dapat hasil yang maksimal.

Kapolres simeulue Akbp Ayi Satria, Sik,Msi mengatakan bahwa Kapolres tidak melarang personilnya yang ikut serta panen cengkeh bersama masyarakat yang terpenting tidak mengganggu jadwal dinas dan tetap menjaga keselamatan.

” ikut serta memanen cengkeh bersama masyarakat juga salah satu kegiatan yang sangat baik sehingga personil polres simeulue bisa lebih dekat dengan warga masyarakat” tutup Kapolres

Comments