TRIBARA NEWS SIMEULUE,  – Pengurus Cabang Bhayangkari Simeulue melakukan kegiatan penanaman, pemupukan sayur-sayuran dan pembibitan pinang batara di lakosi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Sua-sua, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue, Aceh. Senin (20/12/2021).

IMG 20211220 WA0054Saat di lokasi P2L, Ny.Ida Pandji bersama pengurus Bhayangkari Polres Simeulue membantu memberikan edukasi proses penanaman sayuran dan pembibitan pinang batara.

Dengan semangatnya Pengurus Cabang Bhayangkari Simeulue memulai dengan melakukan pembersihan bedengan, menanam bibit sayuran dengan jenis cabe, tomat, kangkung, bayam dan sawi. Setelah itu melakukan pemupukan sayuran, agar terhindar dari hama dan pertumbuhannya pun bisa subur.

IMG 20211220 WA0059Tidak hanya itu, pihak Bhayangkari juga membantu membina penangkar bibit pinang batara kepada pengusaha kebun pembibitan pinang batara, yaitu CV. Meugah Raya Perkasa.

“Pinang batara ini pembibitannya dimulai dari kecamba yang dimasukan ke dalam ploybag dan tunggu selama enam bulan baru bisa dipindahkan bibitnya ditanam ke lokasi perkebunan secara permanen,” jelas Ny.Ida Pandji.

IMG 20211220 WA0051“Lanjutnya, penanaman sayuran dan pinang batara ini tujuannya dapat bermanfaat sebagai ketahanan pangan kepada masyarakat Kabupaten Simeulue,” pungkasnya Ketua Bhayangkari Polres Simeulue.

Di lokasi P2L itu, pengurus usaha kebun pembibitan pinang batara, Zakaria mengatakan, “Hasil sayuran itu nantinya akan dibagi-bagikan kepada masyarakat, sedangkan bibit pinang bataranya akan disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Simeulue untuk ditanam di kebun mereka termasuk dari Dinas Perkebunan Kabupaten Simeulue saat ini mengorder bibit pinang batara yang siap tanam melalui perusahaan CV. Meugah Raya Perkasa,” ucap Zakaria.