WWWW.TRIBRATANEWSIMEULUE.COM- Bhabinkamtibmas Desa Abail Kec.Teupah Tengah Polsek Simeulue timur Bripda Richo Raasda hadiri undangan Kenduri Blang tahunan di sawah masyarakat Jalan Hulu simpanng Desa Abail Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten Simeulue,” Senin 24 Juni 2019 pukul 14.00 WIB.Begitu Juga Bhabinkamtibmas Desa Labuah Kec.Teupah Tengah Polsek Simeulue Timur yakni Bripda Hiru Iwan Tona Juga melaksanakan kegiatan yang sama (Kenduri Blang),dihari tanggal yang sama, Namun ber lainan Lokasi karena Kedua Personil Bhabinkamtibmas ini beda-beda Desa Binaannya yaitu dilokasi Gunung Balok Desa Labuah.

Terlihat Dua Personil Bhabinkamtibmas ditempat yang berbeda beda ini sedang bergabung bersama masyarakat dalam hajatan kenduri Blang yang berlangsung penuh dengan keakraban dan kebersamaan tersebut.

Kasat Binmas Polres Simeulue Iptu Lukman di ditempat Yang lain Mengatakan”, Kegiatan Kenduri blang Di Daerah Terpencil Pulau Simeulue ini merupakan Suatu tradisi sejak dulu dari Nenek moyang sudah turun menurun dilaksanakan oleh Warga Dacil di Simeulue ini,masyarakat sebelum turun kesawah untuk mengharapkan keberkahan dan diberi kelimpahan rezeki oleh Allah SWT, dan diawali dengan kenduri tersebut kelompok tani akan memulai turun ke sawah untuk proses pengolahan tanah, penanaman hingga panen bisa dilakukan secara serentak, arti Kata Blang dalam bahasa indonesia adalah Sawah”, dan Sawah dalam bahasa daerah Aceh artinya “Blang. Blang Sawah, Sawah Blang? Sama Artinya,” Boleh kita Bilang Blang, boleh juga kita bilang Sawah “, Ucap IPTU Lukman.

(Humas Polres Simeulue).

Comments