WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-
POLRES SIMEULUE-POLDA ACEH-
Hari ini, usai pelaksanaan apel pagi. Polres Simeulue kembali menggelar kegiatan Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinator Covid- 19 yang bertempat di Lapangan belakang terbaru Mapolres setempat. Kamis (11/02/2020).Kegiatan apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K., dengan diikuti oleh waka Polres bersama PJU, Para Kapolsek jajaran, para Bhabinkamtibmas dan Tenaga kesehatan.Dalam membacakan Amanat bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Kapolres Simeulue Menyampaikan,” Sebagai kita ketahui bersama Indonesia saat ini sedang mengalami situasi pademi covid-19, sehingga mengharuskan masyarakat untuk menerapkan tatanan kehidupan dengan Protokol kesehatan ketat.

“Dalam rangka penanganan pademi Covid-19, maka kebijakan pemerintah saat ini adalah melalui program Vaksinasi dan penegakan kepatuhan masyarakat, yang diikuti dengan upaya pemulihan Ekonomi Nasional.Lanjudnya, Dalam rangka mendukung penanganan pademi Covid-19, Polri telah mengoptimalkan 52 rumah sakit Bhayangkara sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 diseluluh jajaran Polri, dengan kapasitas 2000 tempat tidur untuk Isolasi Covid-19 dan 300 tempat tidur ICU, selain itu POLRI juga mempersiapkan lebih dari 6000 tempat tidur apabila sewaktu-waktu diperlukan, yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menangani pasien sedang, berat dan kritis.

“Selain itu, POLRI juga memiliki 27 alat PCR yang mampu melakukan testing hingga 5.000 sampel setiap harinya, yang memudahkan testingan untuk dilakukan secara masif.

“Pada saat ini Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta Vaksin dan juga didistribusikan kedinas-dinas kesehatan baik pada PEMDA tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota. Serta telah dilaksanakan pengamanan baik pendistribusian maupun penyimpanan.

“Kebijakan Vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan mulai awal tahun ini, membutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai Vaksinator, guna mendukung hal tersebut, POLRI menyiapkan tenaga kesehatan POLRI yang juga akan bertugas sebagai Vaksinator.

POLRI siap mendukung program Vaksinasi dan penanganan penyebaran Covid-19

“POLRI siap mendukung Program pemerintahan, untuk mendukung program Nasional jajaran POLRI memiliki 250 FKTP sebagai tempat pelaksanaan Vaksinasi dan juga mempersiapkan 320 FKTP lainnya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Selain itu POLRI memiliki 13.500 personil tenaga kesehatan, 900 orang diantaranya saat ini telah dilatih untuk menjadi Vaksinator oleh BAPLEKKES/BBBK kementrian kesehatan, dan 12.600 personil lainnya yang dalam waktu dekat akan diberikan pelatihan serupa.

“Para tenaga kesehatan POLRI yang menjadi Vaksinator dan telah diberikan pelatihan, diharapkan menjadi tenaga kesehatan POLRI yang cakap dalam pemutusan rantai penularan Covid-19. Para kesehatan tersebut akan berada dibawah KOMANDO PUSDOKKES POLRI.

“Vaksinator POLRI yang digelar adalah untuk membatu tugas tenaga kesehatan baik pemerintahan maupun swasta yang ditunjuk.

“Selain itu, lanjut Kapolres, tenaga Vaksinator POLRI juga bertugas untuk melaksanakan Vaksinasi terhadap anggota POLRI maupun memberikan perbantuan Vaksinasi kepada masyarakat umum serta berkoordinasi dengan Dinas kesehatan setempat.

“POLRI pada saat ini memiliki sebanyak 40.336 personel Bhabinkamtibmas yang tergelar di seluruh SATWIL, yang diharapkan akan mampu menjadi ujung tombak POLRI sebagai TRACER pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Personel tenaga kesehatan POLRI maupun anggota Bhabinkamtibmas POLRI merupakan kunci utama dalam memutuskan rantai Transmisi Covid-19.

“Apel gelar pasukan ini menunjukkan keseriusan POLRI dengan menggelar Tenaga Kesehatan sebagai Vaksinator dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak (TRACER) dalam penerapan kepatuhan Protokol kesehatan masyarakat.

” Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk anggota yang sudah berjuang dan terus berjuang disituasi pademi saat ini dalam mendukung kebijakan pemerintah.

“Hadirkan anggota di setiap kegiatan masyarakat karena POLRI merupakan bagian dari pemerintah agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah dilingkungannya.

“POLRI siap mendukung program Vaksinasi dan penanganan penyebaran Covid-19,” Jelas Kapolres dalam amanat Bapak Kapolri.

(HUMAS POLRES SIMEULUE)