Berbagai Tehknik Peragaan Pengendalian Massa Di Peragakan Oleh Personel Polres Simeulue, Pada Saat Latihan Di Mapolres Simeulue. Kamis ( 13/9)

Anggota Sat Shabara dan anggota polsek jajaran Polres Simeulue melaksanakan latihan rutin pengendalian massa (dalmas) guna peningkatan kemampuan dalam menghadapi unjuk rasa, Kamis (13/09/2018) .

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di halaman depan Mapolres Simeulue, dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Iptu Bono , kemudian didampingi Kanit Dalmas serta instruktur yang telah di tunjuk.

“Latihan Dalmas inti ini untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi unjuk rasa.” ujar Iptu Bono.


Ia mengatakan rangkaian latihan digelar dengan berbagai sistem atau tekhnik pengamanan massa, dari tingkatan yang paling ringan dengan tidak memakai alat, hingga tingkatan alat peragaan.

Ada sekitar 92 personel yang dilibatkan dalam memperagakan beberapa latihan tersebut, seperti latihan formasi dalmas awal dan dalmas lanjut dan negosiator.

“Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat, serta tameng,” ujarnya.

Pelatihan tersebut bertujuan melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan.

“Dalmas dalam pelaksanaan tugas di lapangan bergerak dalam ikatan peleton dan kompi, bergantung dari jumlah massa dan tingkat anarkis dan bahaya yang ditimbulkan,” tambahnya.

Dalam mengendalikan massa, iya mengatakan terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon. Mengacu kepada
“ Standard Operational Procedure (SOP)-nya mengacu pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian,” pungkasnya.

Latihan dalmas ini harus benar – benar serius dalam melaksanakannya sangat di perlukan fokus terhadap gerakan – pergerakan, kekompakan, kerja sama Tim, itu sangat di perlukan.”dan berharap kedepan ini bisa kita simulasikan dengan baik. ujar Kapolres Simeulue AKBP Ayi Satria S.I.K., M.Si melalui Waka Polres Simeulue Saat mengambil Apel Seluruh Anggota Dalmas.