WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-Menyambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Simeulue melaksanakan kegiatan tanam bakau sebanyak 1.500 batang dan melakukan pembersihan dipantai Ganting kec. Simeulue Timur Kab. Simeulue, Kamis (09/06/2022).Kegiatan penanaman 1.500 pohon bakau dan pembersihan pantai ini dipimpin langsung oleh Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko S.H.,M.H dan di dampingi Ketua Bhayangkari Cabang Simeulue, PJU Polres Simeulue, Kapolsek jajaran Polres Simeulue, Personel Polres Simeulue, Danlanal Simeulue diwakili Letda Laut (E) Sudaryono, Kadis Dlh Kab. Simeulue Beserta Staff, Kepala Desa Ganting Berserta Staff dan Wisatawan Mancanegara.

Penanaman pohon bakau yang berjumlah 1.500 Batang ini akan sangat bermanfaat guna untuk melindungi tanah disekitar pantai, karena pohon bakau yang ditanam ditepian pantai akan membuat air laut jernih.Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko S.H.,M.H mengatakan ” Penanaman bakau tujuannnya adalah supaya tidak terjadinya erosi, ini juga untuk penghijauan dan keindahan pantai yang nantinya dapat untuk menjadi tempat perlindungan biota laut”.

Kapolres juga mengatakan, selain menanam bakau, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76 ini juga dilakukan bakti sosial yaitu dengan melaksanakan pembersihan pantai.Para personel maupun Pengurus Bhayangkari menyisir Pantai Ganting membersihkan berbagai jenis sampah seperti botol bekas air kemasan, bungkus makanan, ranting kayu, dan jenis sampah lainnya dan dimasukkan dalam karung plastik.

Karena sampah berupa plastik ini sangat berbahaya, dikarenakan sampah plastik akan hancur dalam jangka waktu yang lama dan serbuk plastik akan masuk ke tubuh ikan dan ikan dikonsumsi oleh manusia..masuk kedalam tubuh manusia bisa merusak janin dan juga dapat merusak hati dan ginjal” ujar AKBP Jatmiko S.H.,M.H.

Masyarakat juga dihimbau untuk turut menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. Tidak perlu khawatir atau takut dengan pelaksanaan vaksin Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah sebagai upaya imunitas dalam memutus penyebaran Covid-19.

Masyarakat Desa Ganting sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman 1000 pohon bakau ini dan berharap kedepannya nanti dapat terus terjaga dan tidak dirusak.

Kegiatan penanaman 1.500 pohon bakau dan pembersihan pantai Ganting berakhir sekira pukul 11.15 Wib, situasi dalam keadaan aman dan baik

(HUMAS POLRES SIMEULUE)