WWW.TRIBRATANEWSSIMEULUE.COM-
POLRES SIMEULUE-POLDA ACEH-
Menyambut bulan Suci Ramadhan atau megang Polres Simeulue menyembelih Empat ekor Kerbau dan Dua ekor Lembu untuk dibagikan dagingnya kepada Anak Yatim, Mualaf, Wartawan, janda dan para Personel Polres Setempat.

Dok. Pemotongan Kerbau dan sapi diMapol SIMEULUE untuk dibagikan kepada para Personil dan sejumlah anak yatim warga desa suak Buluh kecamatan Simeulue Timur

Kabag Sumda Polres Simeulue yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemotongan Kerbau dan Lembu AKP SURIANTO, mengatakan,” Penyembelihan itu sudah mulai di lakukan sejak subuh pukul 04.00 Wib, Minggu (11/4/2021).

“penyembelihan Kerbau dan lembu itu dilakukan di dua tempat yakni, Dimapolres Simeulue dan dikampung tangguh Sat Reskrim yang berada diDesa Busung indah kecamatan Teupah Tengah dalam rangka hari ‘Meugang’ menyambut bulan suci Ramadan.

Tampak terlihat dimapolres Setempat kapolres bersama ibu sedang memberikan Daging Megang kepada Anak yatim

AKP Surianto juga menjelaskan,” UROE (hari) Meugang atau Makmeugang adalah satu tradisi yang diwariskan secara turun-temurun di Aceh.

“Tradisi ini berlangsung tiga kali dalam setahun, yaitu Meugang Puasa, Meugang Uroe Raya Puasa (menjelang hari raya Idul Fitri), dan Meugang Uroe Raya Haji (menjelang hari raya Idul Adha),” katanya

“Lanjudnya, Tradisi Meugang tersebut yaitu tradisi dengan memakan daging sapi atau kerbau. Bagi masyarakat Aceh Kab.Simeulue, menyambut Ramadhan atau lebaran tanpa Meugang akan terasa hambar. Walaupun bukan sebuah kewajiban, namun sudah menjadi keharusan, sehingga jarang dijumpai pada masyarakat Aceh yang tidak makan daging sapi atau kerbau menjelang Ramadhan tiba,” tutupnya.Amatan Paur humas Polres Simeulue, Usai dibagikan Daging oleh Kapolres Simeulue AKBP Agung Surya Prabowo, S.I.K., kepada Anak yatim dan para personil dimapolres Simeulue, kemudian Kapolres bergerak menuju kedesa Gampoeng Tangguh Sat Reskrim di Desa Busung indah.Dikampung tangguh binaan Sat RESKRIM Polres Sumeulue didesa itu, Kapolres Simeulue didampingi sang istri Ny. Mala Agung dan Sat Reskrim juga membagikan Daging dan uang bumbu kepada Anak Yatim, para Mualaf, janda , rekan Wartawan dan juga personil Sat Reskrim.

Kapolres Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K., ketika diwawancara oleh Puluhan Sahabat Wartawan usai pemberian Daging kepada Anak yatim piatu, Mualaf, Janda, Wartawan dan Personil Sat Reskrim dilokasi kampung Tangguh desa binaan Sat Reskrim Polres Simeulue desa Busung Indah

Desela kegiatan itu, Kepada Puluhan sahabat Wartawan dan Paur humas Polres Setempat. Kapolres Simeulue AKBP Agung Surya Prabowo, S.I.K., mengungkapkan,” Syukur Alhamdulillah hari ini kita dapat berkumpul bersama di Gampong Tangguh Desa Busung Indah, ini desa binaan Satreskrim,” ungkapnyaKapolres juga mengatakan,” kegiatan ini merupakan bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT dengan cara berbagi rezeki kepada orang yang berhak menerima.

“Ini bentuk syukur kita menyambut bulan Ramadhan ini, semoga semuanya mendapat berkah dari Allah,” kata Pak Agung

Salah satu Mualaf ketika diwawancara oleh puluhan teman Wartawan dilokasi kampung Tangguh Sat Reskrim Polres Simeulue

Sementara itu, Kepada awak media, salah satu Mualaf asal Pulau Nias yang telah menetap di Simeulue, Aceh mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kapolres dan Kasat reskrim Polres Simeulue beserta jajarannya yang telah meringankan beban mereka dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Alhamdulillah sejak saya jadi mualaf baru ini saya mendapatkan perhatian yang langsung dibantu oleh pak Kapolres dan Pak Kasat Reskrim. Terimah kasih banyak pak,” ujar Junaida.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolres Simeulue juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

foto bareng bersama kapolres , anak yatim, janda, mualaf, wartawan dan juga Kasat Reskrim bersama personilnya dikampung tangguh

Tidak hanya itu, amatan Paur Humas juga, Personil dari Sat Reskrim juga door to door ke rumah-rumah para Mualaf dan anak yatim untuk diantarkan Daging megang dan aplob berisi uang bumbu.

(HUMAS POLRES SIMEULUE)

Comments