Peraturan Baris – Berbaris atau yang biasa disingkat dengan PBB adalah wujud latihan fisik, diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup Angkatan Bersenjata/masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Sebagai insan Bhayangkara tentunya setiap anggota Polri harus dapat melaksanakan setiap gerakan PBB dengan baik dan benar. Oleh karena itu setelah pelaksanaan apel pagi tadi seluruh personel Polres Simeulue melaksanakan latihan PBB di lapangan Mapolres Simeulue. Rabu (03/10/2018).

Dalam latihan kali ini Kasat Lantas Polres Simeulue yang bertindak sebagai pemberi aba-aba dan sekaligus sebagai instruktur. Setiap gerakan PBB yang diikuti seluruh peserta Bintara Apel yang mana kegiatan latihan ini dilaksanakan lebih kurang selama 1 jam dan langsung pelaksanaannya setelah selesai apel pagi.

Bukan hanya gerakan perkelompok atau dalam istilah Kepolisian Pleton, tetapi gerakan perorangan juga di tuntut saat melaksanakan PBB, karena untuk Insan Bhayangkara yang gagah dan terampil harus menguasai gerakan taktis sehingga lebih terlihat gagah serta disiplin.

Waka Polres Simeulue Kompol Rusman Sinaga, SS sebelum pelaksanaan PBB memberikan arahan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu / golongan dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Adapun dalam PBB terdapat aba – aba yang terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu aba – aba petunjuk, aba – aba peringatan dan aba – aba pelaksanaan.”tuturnya.

tampak seluruh personel Polres Simeulue di masing – masing fungsi dan satuan kerja bersemangat serta antusias mengikuti latihan PBB seperti ini jarang dilakukan dikarenakan padatnya kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

Comments